Tradisi atau Musyrik ??

     Di Indonesia begitu banyak tradisi, saya tidak bisa menyebutkannya satu persatu..
kali ini saya akan menanyakan pada temen-temen semua,  yaitu tentang tradisi yang dilakukan terhadap orang yang sudah meninggal.

    Di sini saya bukan ahli agama, ahli kitab, ahli hadist dan lain sebagainya. saya hanya orang awam yang tidak mengerti agama dan masih banyak kekurangan dalam pengetahuan ilmu agama.
dan juga saya ingin bertanya kepada temen-temen semua.

   Teman - teman semua pasti sudah tahu beberapa rangkai yang dilakukan terhadap orang yang meninggal terutama bagi yang muslim. tapi saya akan menanyakan hal - hal yang paling sering kita lihat.

   Berikut beberapa diantanya :

  •  Sebelum memberangkatkan jenazah, keluarga yang meninggal biasanya disuruh untuk berjalan  menunduk di bawah keranda jenazah yang sedang di pikul atau di usung dan biasanya sebanyak 3x atau tiga putaran.  

  • Jenazah biasanya di payungin sampe ke TPU. dan kadang - kadang ada juga yang menancapkan payung tersebut ke makam setelah ditimbun dengan tanah.  

  • Menghaburkan beras kuning. biasanya beras kuning tersebut di campur dengan uang logam mulai dari Rp 1000 sampai Rp 100. Orang yang bertugas menghaburkan beras kuning dan uang logam ini biasanya dibagian paling depan rombongan pengantar jenazah.
       #bukankah hal yang menghambur - hamburkan uang adalah kegiatan yang mubazir.

    Itulah diantaranya beberapa rangkaian yang di lakukan terhadap orang yang meninggal. 
dari beberapa rangkaian tersebut waktu saya masih bocah saya suka yang ketiga, wkwkw  paling sering ngambilin koin logamnya, kan lumayan Rp1000 buat beli permen. jaman itu buat beli permen dapet 10 biji gan, hehehee 


Apakah ada dalam Al-Quran atau Hadist atau juga cerita dari nabi Muhammad a.s dan juga dari para sahabat - sahabat Nabi Muhammad a.s yang menjelaskan hal - hal ya yang saya sebutkan di atas. 

  Saya pernah bertanya kepada orang - orang tua dan selalu jawaban mereka adalah
 "KATA MBAH EE MBIYEN YO NGUNU TURUTI WAE" artinya  (kata mbah jaman dulu ya begitu turuti saja) 

INGAT !! mbah lo dulu agamanya apa ?  sebelum islam masuk ke indonesia agama besar yang lebih dulu adalah HINDU BUDHA

Maaaf saya tidak bermakud membeda - bedakan agama.

Bagi yang tau penjelasan dari tiga hal di atas tolong kasi tau yaa.. !!  tulis komentarnya. :) 


No comments:

Post a Comment